] AWAL MULA SPONSOR PADA JERSEY CLUB SEPAK BOLA | LEADER IN 365 DAYS'

Pages

Subscribe:

Recent Comment

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Rabu, 18 April 2012

AWAL MULA SPONSOR PADA JERSEY CLUB SEPAK BOLA

 
Selamat menunaikan Bergadang ria, buat sobat muda logika yang menunaikannya! key, posting kali ini, admin mau share tentang awal mula sponsor pada kaos atau jersey pemain sepakbola. Menurut pengamat sepakbola klub Uruguay, Penarol, konsep sponsor di jersey diperkenalkan kepada dunia sepakbola pada tahun 1950an. Sejumlah klub di Perancis, Denmark, dan Austria berlomba-lomba
untuk segera memasang sponsor di jersey mereka dengan harapan untuk mendapatkan uang tambahan. Akan tetapi ide ini tidak serta merta diikuti oleh klub lain di Eropa. Sebagian besar liga di benua biru menentang keras usulan ini. Mereka hanya mengijinkan klub-klub memasang logo dan nama mereka sendiri di jerseynya.


Sebuah zaman baru dalam sponsorship jersey dimulai pada 1973, ketika Mast Günter, keponakan Jagermeister pencipta Curt Mast, memiliki ide brilian untuk menempatkan logo minuman keras dari Jerman itu di seragam klub Bundesliga Jerman Eintracht Braunschweig. Logo itu menggambarkan kepala rusa dan salib menyala.

Sebelumnya Mast meluncurkan logo Jagermeister untuk mensponsori tim balap motor, tetapi melihat peluang yang luar biasa dalam olahraga papan atas dunia, Mast pun mengalihkan sponsornya. "Melalui sepakbola, Anda bisa mencapai semua bagian dari populasi," katanya, menurut sebuah artikel Soccernet 2008.

Mast, yang meninggal awal tahun 2011, membayar Eintracht Braunschweig sekitar 160.000 Marks sampai 800.000 Marks selama lima tahun untuk menempatkan logo Jagermeister di bagian depan kaos nya. Sebagai informasi bahwa marks adalah mata uang Jerman di mana sekarang 1 USD setara dengan 1,4779 marks. Awalnya, asosiasi sepak bola Jerman menolak permintaan klub, tetapi liga tidak berdaya ketika seluruh pemain Eintracht Braunschweig memilih untuk mengganti logo tradisional mereka dengan rusa Jagermeister. Pada tanggal 23 Maret 1973, tim memulai debutnya melawan Schalke dengan seragam barunya. Tujuh bulan kemudian, Bundesliga resmi melegalkan sponsor jersey.

Tiga tahun setelah logo Jagermeister memulai debutnya di lapangan Jerman, klub liga Inggris selatan Kettering Town menandatangani kesepakatan sponsor empat tahun dengan Kettering Tyres dan menaruh nama sponsornya di bagian depan seragamnya. Ketika para pejabat liga memerintahkan klub tersebut untuk menghapus sponsornya, Kettering menanggapi dengan menghapus empat huruf terakhir di "Tyres" dan mengklaim bahwa "KETTERING T" di sini merupakan Kettering Town. Liga tidak mendapat penjelasan yang memuaskan dan mengancam klub dengan denda besar. Satu tahun kemudian, liga Inggris mulai mengizinkan sponsor jersey.

Selama 35 tahun terakhir, kesepakatan sponsor jersey telah muncul sebagai sumber pendapatan utama bagi klub di seluruh dunia, khususnya di Eropa. Menurut sebuah laporan oleh SPORT + MARKT, total investasi dalam sponsorship jersey di lima liga top Eropa naik menjadi dua kali lipat dari 235 juta euro pada tahun 2000 menjadi 470 juta euro pada 2011.

Salah satu penawaran sponsor terbesar merupakan milik Manchester United, yang menyetujui kesepakatan $131 juta selama empat tahun dengan perusahaan AON yg berbasis di Chicago. Sebelumnya Manchester United disponsori oleh AIG (American International Group), sebuah perusahaan asuransi multinasional. Klub-klub Eropa menerima rata-rata 4,2 juta euro per tahun untuk kesepakatan sponsor jersey di tahun 2010.
Sementara sebagian besar rekan-rekan mereka menyerah pada godaan sponsor jersey ini, FC Barcelona punya pandangan berbeda. Pada tahun 2006, klub mengumumkan perjanjian yang tidak biasa dengan UNICEF, di mana mereka akan menyumbang 1,5 juta USD setiap tahun untuk organisasi kemanusiaan dan menampilkan logo UNICEF di bagian depan kaos klasiknya.

Dalam menghadapi tekanan keuangan yang berkembang, Barcelona mengumumkan perjanjian dengan Qatar Foundation Desember 2010 lalu. Dimulai pada tanggal 1 Juli logo Qatar Foundation muncul di bagian depan kaos Barcelona dan logo UNICEF akan dipindahkan ke belakang. Barcelona menerima 200 juta USD selama lima tahun.

cukup besar juga ya royalitinya.

2 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - MapyRO
    Harrah's Cherokee Casino & Hotel is located in the mountains of 문경 출장샵 North Carolina on the banks 이천 출장마사지 of the Colorado 계룡 출장마사지 River. From 부산광역 출장샵 left to right is the 통영 출장안마 Hard Rock Hotel

    BalasHapus

Jika terdapat pertanyaan/kurang faham/sanggahan/dsb, bisa meninggalkan comment!

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
lamongan, jawa timur, Indonesia